Fungsi Komponen Dan Kinerja Pada Transmisi Manual Dengan Pengertiannya

selamat datang di blog sederhana kami. disini saya akan sedikit memberikan pengetahuan kepada kalian semua. mengenai Fungsi Komponen Dan Kinerja Pada Transmisi Manual Dengen Pengertiannya. pasti nya kalian sudah mengetahui dengan hal yang ada diatas. namun akan kami berikan disini secara lebih lengkap nya, sehingga buat kalian yang belum mengetahui hal yang ada diatas. sehingga kalian semua akan mengetahui dengan lebih lengkap nya, yang hanya ada di blog sederhana ku ini. simak lebih jelas nya.

transmisi yang berfungsi merubah kecepatan dan tenaga pada putaran mesin ke roda. sehingga dengan transmisi akan bisa menggerakan pada kendaraan anda. dan seperti yang sudah kita ketahui, bahwa transmisi yang terdiri atas beberapa tingkat pada kecepatan kendaraan anda. dan salah satu nya ialah, pada kendaraan motor maupun kendaraan mobil, yang memiliki kecepatan 4 kecepatan. dan untuk transmisi manual, ialah satu komponen sistem pada pemindahan tenaga yang memiliki beberapa fungsi pada transmisi. untuk lebih lengkap nya, kalian bisa mengikuti skema yang berada dibawah ini.

1. meneruskan tenaga atau pada putaran mesin dan kopling ke poros propeler shaft
2. dan merubah momen yang telah dihasilkan mesin, yang sesuai dengan kebutuhan  ( beban dan kondisi pada jalanan )
3. memnungkinkan pada kendaraan yang dapat berjalan mundur ( reserve ) yang terdapat pada kendaraan yang memiliki lebih dari 2 roda.

Fungsi Komponen Dan Kinerja Pada Transmisi Manual Dengan Pengertiannya

Dan Untuk Jenis Tranmisi Manual Yang Digolongkan Menjadi 3, Yaitu.

1. Slidingmesh

pada transmisi pertama yang terdapat pada slidingmesh. slidingmesh ialah, pada kecepatan atau perubahan momen yang dilakukan dengan cara meluncurkan roda pada gigi. dan untuk perkaitan nya roda akan menimbulkan bunyi yang cukup keras, dan padat merusuk pada gigi dan pada roda giginya.

2. Contanmesh

nah, pada transmisi kedua ialah, transmisi contanmesh. yang telah dilengkapi dengan gigi pada kopling yang lain nya. sehingga perubahan pada momen yang tidak perlu meluncurkan roda pada gigi. untuk jenis ini yang ada roda gigi yang selalu berkaitan, sehingga yang menimbulkan bunyi keras, yang dapat dihindari. dan pada transmisi slidingmesh, dan juga constanmesh, mesin yang memerlukan waktu untuk menunggu gigi yang nanti nya akan berkaitan dan berputar pada kecepatan yang sama.

3. Syncrhonmesh

dan transmisi yang tekahir ialah, Syncrhonmesh. tranmisi ini yang dilengkapi unit sinkronizer yang berfungsi untuk menyamakan putaran pada roda gigi yang akan berkaittan. sehingga sehingga diperoleh perkaitan pada roda - roda gigi yang cukup lembut. namun jenis inilah yang lebih digunakan pada kendaraan, dari pada dengan kedua jenis yang sudah kami jelaskan di atas.

Cara Kinerja Transmisi Manual

Poosisi Netral ( N )

ketika pada saat posisi netral, tenaga dari mesin yang tidak diteruskan pada poros out put, yang dikarenakan sincronmesh, yang berada pada dalam keadaan bebas, atau tidak terhubung dengan roda gigi tingkat.

Posisi Gigi ( 1 )

dan jika pada tuas ditekan kearah kiri, dan kemudian ditarik ke belakang, maka gear selection fork yang akan menghubungkan unit pada sincronmesh. dan untuk itu yang berkaitan dengan gigi pada tingkat 1. pada posisi 1 yang akan menghasilakan pada putaran yang cukup lambat. akan tetapi momen pada poros out put besar. sehingga akan kelihatan secara jelas, dengan hal tersebut.

Posisi Gigi ( 2 )
yang selanjutnya. pada tuas ditekan kearah kiri, kemudian didorong kedepan. maka selector fork akan mengarahkan hubungan sleave, sehingga unit sincronmesh yang berhubungan dengan roda pada gigi yang bertingkat no 2. posisi 2 putaran poros put yang lebih cepat, dibandingkan dengan pada posisi 1. pada sebelum nya.

Posisi Gigi ( 3 )

dan untuk berikutnya. jika tuas lurus ke belekan, maka selector fork akan menggerakan hub sleave, sehingga akan menghubungkan unit sincronmesh untuk untuk berkaitan kepada gigi ke tingkat 3. posisi 3 yang akan menghasilkan putaran yang cukup cepat, dibandingkan pada posisi ke 2.

Posisi Gigi ( 4 )

untuk berikut nya, tuas yang didorong lurus kedepan, maka selector fork yang akan menggerakan hub sleave. sehingga unit pada sincronmesh yang berhubungan dengan roda gigi tingkat no 4. pada posisi 4 putaran pada poros out put yang lebih cepat dibandingkan dengan, pada posisi 3.

Posisi Gigi ( R )

pada tuas ditekan kearah kanan, dan kemudian ditarik ke belakang. maka yang akan menggerakan gear selection fork, sehingga unit sincronmesh yang berhubungan dengan roda gigi R. diantara pada roda gigi R dan roda gigi pembanding, yang sudah dipasangkan pada roda gigi idel. ( idler gear ). yang menyebabkan putaran pada poros input berlawanan arah. dengan poros out put tersebut.

Berikut Mengenai Nama Komponen Transmisi Manual Dengan Fungsinyaa

* Transmisi case. yang berfungsi sebagai tempat berdiam nya semua komponen pada transmisi.
* Shift Fork, yang berfungsi sebagai garfu pemindah gigi.
* Input Shaft, yang berfungsi sebagai meneruskan pada putaran dan input shaft ke gigi counter gear.
* Counter Gear, yang berfungsi untuk meneruskan pada putaran dari input shaft ke gigi percepatan.
* Gigi Percepatan, yang berfungsi untuk merubah pada momen yang tengah dihasilkan moleh mesin yang sesuai dengan kebutuhan ( beban mesin dan kondisi jalanan ).
*Hub Sleave, yang berfungsi untuk mengunci singakronmesh dengan gigi pada percepatan, sehingga akan memungkinkan pada out put shap, yang bisa verputar dan juga berhenti.
* Sinkronzer Ring / Singkronmesh. yang berfungsi sebagai komponen transmisi yang memungkinkan perpindahan pada gigi. dan pada transmisi dapat bekerja atau hidup.
* Reverse Gear, yang berfungsi sebagai gear perubahan arah putaran out put shaft, sehingga yang akan memungkinkan pada kendaraan yang bisa bergerak mundur.
* Main Bearing , yang berfungsi sebagai bantalan output shaft.
* Output Shaft, yang berfungsi untuk meneruskan putaran dan transmisi ke propeller shaft
* Extension Housing, yang berfungsi untuk penutup output shaft, dan sekaligus dudukan tongkat perseneleng.

gimana dengan tranmisi diatas. pasti nya temen - temen sudah mengerti, dengan semua ulasan yang sudah kami diatas. dan semogga artikel kami mengenai Fungsi Komponen Dan Kinerja Pada Transmisi Manual Dengen Pengertiannya.

0 Response to "Fungsi Komponen Dan Kinerja Pada Transmisi Manual Dengan Pengertiannya"

Posting Komentar